Kemacetan adalah Urusan Kepala Daerah?

Berbicara soal kemacetan, tentu sudah sangat lekat dengan ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menilai persoalan kemacetan di Jakarta bukan hanya urusan Pemerintah Provinsi DKI, tetapi juga pemerintah pusat. Komentar ini buntut pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengatakan bahwa kemacetan merupakan urusan pemerintah daerah masing-masing. 

“Itu urusan pemerintah daerah, urusan pemerintah pusat. Harus dua-duanya macet itu, kerja bareng,” ujar Jokowi di Jakarta, Selasa (5/11/2013) siang. 

Jokowi menjelaskan, dalam hal pembangunan, pemerintah pusat harus bersinergi dengan pemerintah daerah. Ia mencontohkan soal jalan di Jakarta. Jalan-jalan utama dan yang berhubungan dengan wilayah lain ditangani oleh pemerintah usat, yakni Kementerian Pekerjaan Umum, sedangkan, jalan kecil diurus oleh pemerintah daerah, yakni Dinas Pekerjaan Umum. 

“Misalnya yang lain, bagaimana membangun transportasi yang terintergrasi antara Jakarta dan lainnya, yaitu Otoritas Transportasi Jabodetabek (OtJ), harus pusat itu,” tuturnya. 

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu pun menilai, sejauh ini Pemerintah Pusat mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintahannya di Jakarta. Namun, saat ditanya soal kebijakan mobil murah oleh pemerintah pusat, Jokowi tertawa. 

“(Pemerintah pusat) Mendukung, mendukung. He-he-he,” ujarnya terkekeh.

Sebelumnya, Presiden SBY mengatakan, seharusnya kepala daerah setempat bertanggung jawab soal kemacetan. Pernyataan SBY dilontarkan seusai mendapat keluhan dari pejabat tinggi negara lain soal kemacetan di Jakarta yang cukup parah. 

“Yang harus jelaskan gubernurnya, wali kotanya. (Solusi dari kepala daerah) Begini Pak, konsep kami. Pemerintah pusat bisa membantu, memberikan kemudahan-kemudahan. Efeknya kan banyak sekali macet 3 jam, 4 jam,” ujar SBY.

Sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2013/11/05/1233178/Jokowi.Macet.Itu.Urusan.Daerah.dan.Pusat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s